Tempat-Tempat Menarik Di Singapura Yang Nyaris Terlupakan

Reading Time: 2 minutes
Please follow, share and like us:
Instagram
YouTube
YouTube
Whatsapp
GOOGLE
GOOGLE
Follow by Email
Pinterest
Pinterest
RSS

Tempat-Tempat menarik di Singapura yang nyaris terlupakan

Bagi kaum milenial, mungkin tiga atraksi menarik ini samar-samar terdengar atau bahkan tidak pernah melintas di telinga mereka sama sekali.

Namun untukku, atraksi-atraksi ini semua adalah bagian dari perjalanananku di negeri Singa ini. Dan aku juga sangat yakin kalau tempat-tempat ini pernah menjadi bagian dari kenangan kalian selama di Singapura.

1. Tiger Sky Tower

Kerap berganti nama , sebelumnya bernama Carlsberg Sky Tower,  tergantung “sponsor” pada periode itu, Tiger Sky Tower merupakan observation tower tertinggi di Singapura dulu. Terletak di Imbiah Lookout, Sentosa Island. Hanya berumur 12 tahun sejak peresmiannya di tahun 2004 dan harus berhenti beroperasi di tahun 2018 kemarin, setelah mencapai lima juta pengunjung sejak pertama berdiri.

Menara observasi ini akhirnya dihentikan karena banyaknya insiden pengunjung yang terperangkap di atas saat sedang menikmati pemandangan skyline negara Singapura.

Terakhir pada Agustus 2017, sebanyak 39 orang pengunjung harus rela menghabiskan empat jam saat masalah teknis kembali melanda menara setinggi 110 meter ini. Walaupun di bulan November  2017, menara ini sudah kembali beroperasi, catatan rentetan insiden yang terakumulasi membuat atraksi tersebut akhirnya dibebas-tugaskan pada Desember 2018.

Tiger SKy Tower Tiger SKy Tower Tiger SKy Tower

2. Tanjong Pagar Railway Station

Jika kamu sering bolak-balik ke Malaysia dengan kereta api, ini adalah tempat yang tidak akan bisa dilupakan. Masa-masa belajar melatih kesabaran karena antrian sepanjang naga raksasa, menunggu giliran buku paspor garuda-mu di-stempel oleh petugas sebelum masuk ke dalam kereta, atau hidangan nasi lemak dan mee rebus yang meleleh di lidah.

Stasiun yang beroperasi mulai dari tahun 1932 ini akhirnya harus mengakhiri aktivitasnya tepat di tahun 2011, ya 87 tahun lamanya sebelum di relokasi ke Woodlands Train Checkpoint.

Sebuah keberuntungan bagiku pernah mengunjungi stasiun ini di tahun 2010 dan merasakan baur atmosfir antara Malaysia dan Singapura disini.

Arsitektur stasiun ini pun sedap dipandang, mengusung gaya Art Deco di exterior dan interiornya membuat setiap sudutnya menjadi spot foto penuh pikat.

Sayangnya akibat sengketa mengenai prosedur imigrasi dan batas negara antara Singapura dan Malaysia, maka Tanjong Pagar Railway Station harus dinon-aktifkan.

Tanjong Pagar Railway Station Tanjong Pagar Railway Station

Tanjong Pagar Railway Station Tanjong Pagar Railway Station Tanjong Pagar Railway Station Tanjong Pagar Railway Station Tanjong Pagar Railway Station Tanjong Pagar Railway Station Tanjong Pagar Railway Station

3. Underwater World

Bagaimana bisa lupa dengan Underwater World yang selalu menghiasi brosur paket perjalanan ke Singapura? Kesempatan berenang bersama lumba-lumba berwarna merah jambu selalu menjadi sesi yang ditunggu.

Underwater World adalah sebuah wahana, menjadi bagian dari magisnya Sentosa Island. Sebuah Oceanarium yang didirikan pada bulan Mei 1991, menjadi sarang bagi 250 spesies biota laut.

Setelah S.E.A Aquarium mulai beroperasi di Sentosa Island juga pada tahun 2012, sangat terlihat bahwa ini akan menjadi sebuah endgame bagi Underwater World.

Memang S.E.A Aquarium punya semua yang dimiliki oleh Underwater World. Dari segi spesies dan aktivitas yang ditawarkan juga tidak jauh berbeda. Tapi keunggulan sekaligus trademark dari Underwater World adalah Dolphin Lagoon-nya. Sebuah rumah yang dibangun untuk kawanan lumba-lumba Indo-Pacific Humpback atau yang lebih dikenal dengan Pink Dolphin.

Jika pengunjung merasa kurang cukup hanya dengan menonton atraksi meliuk-liuk lumba-lumba, berenang bersama mereka bisa menjadi pilihan selanjutnya.

Saat penutupan di Juni 2016 lalu, Sekelompok pink dolphins, anjing laut and berang-berang telah dipindahkan ke  Chimelong Ocean Kingdom di Zhuhai.

Singapore Underwater World

Singapore Underwater World Singapore Underwater World

Pink Dolphin Singapore Underwater World

Pink Dolphin Pink Dolphin

Singapore tidak akan pernah berhenti berevolusi dan memperbaharui diri. Memori lama kita tentang Singapura kelak akan hilang perlahan terkubur dengan timbunan impresi baru negara ini.

Eh, ngomong-ngomong, siapa saja yang sempat mampir ke tiga tempat ini saat masih beroperasi?

Tag fotomu di Instagram-ku yah 🙂

Dirgan Fasa Administrator
Dirgan Fasa Dirgan founded Casa Fasa as a place to share inspiration from his travels and to inspire others to see our world. He now split his time between adventures abroad and adventures in the 9-5 workspace!
follow me
Please follow, share and like us:
Instagram
YouTube
YouTube
Whatsapp
GOOGLE
GOOGLE
Follow by Email
Pinterest
Pinterest
RSS

Leave a Reply

close

Enjoy this blog? Viralkan :)