Memento: Demi Menolak Lupa

Reading Time: 2 minutes
Please follow, share and like us:
RSS
Whatsapp
Follow by Email
GOOGLE
GOOGLE
YouTube
YouTube
Pinterest
Pinterest
Instagram

Siapa yang doyan nonton pelm drama romantis?? Aku suka banget, apalagi kalau yang script-nya nggak pasaran ya. Selain scene yang melelehkan hati, film-film drama romantis terkenal biasanya punya memento yang bikin mereka eternal alias abadi. Abadi di pikiran si penontonnya.

Memento adalah salah satu bumbu penting di samping skenario cerita yang buat hati bergoyang, atau kissing scene yang bisa mengakibatkan kamu kepingin cium lawan jenis yang duduk di samping kamu (Warning: Lihat dulu siapa yang duduk di samping kamu).

Tanpa memento aja, kita bisa nontonin film Romeo & Juliet-nya Leonardo DiCaprio dan Claire Danes lebih dari sepuluh kali. Dengan adanya memento, bisa-bisa film tersebut stays forever di sanubari.

Romeo & Juliet (1996)

Apa sih memento itu?

Ini nih artinya, menurut Cambridge English Dictionary:

Memento (noun) : an object that you keep to remember a person, place, or event

Nah itu dia, sesuatu (baik terlihat maupun tidak terlihat) yang bisa menyebabkan aku dan kamu tidak lupa dengan kejadian, orang atau tempat tertentu. Tidak jarang juga kalau memento itu malahan menjadi sebuah titik dimana kita bisa suka dengan sebuah film. It works both ways.

Sama halnya dengan film-film romantis seperti Serendipity,Β My Best Friend’s Wedding, You’ve Got Mail, Music and Lyrics, Notting Hill, The Notebook, The Wedding Singer dan masih banyak lagi. Memento deretan film-film lawas ini merasuk ke ranah privasi para penontonnya. Kena banget pokoknya deh.

Ada juga original soundtrack yang bisa buat keinget dan menerawang sejenak, macam “The Way You Look Tonight” di My Best Friend’s Wedding.

dan “Grow Old With You” di The Wedding Singer

Bahkan, ada juga yang berupa tempat sebagai representasi kenangan akan romantisme tak berujung yang disuguhkan oleh film-film di atas. Film Serendipty misalnya, berhasil membuat sebuah kafe di New York yang bernama Serendipty 3 menjadi tempat kunjungan rutin fans film tersebut.

Serendipty 3, NYC

Dan Summer Holiday-nya Richie Ren dan Sammy Cheng yang rilis pada tahun 2000, memamerkan keindahan Kuala Terengganu, Malaysia dan berhasil mereka samarkan dengan nama Pulau Dandang. Biru banget airnya.

Summer Holiday (2000)

Tapi yang buatku penasaran dan tergila-gila banget ya itu, bangku tamannya di Film Notting Hill, yang menjadi saksi bisu kemesraan pria jelata dari Inggris, William Thacker, diperankan oleh Hugh Grant yang ceritanya jatuh cinta dengan aktris Hollywood, Anna Scott, yang dibintangi oleh Julia Roberts di tahun 1999.

The Bench – Notting Hill Movie

Bahkan panggilan suci untuk memento berupa bangku taman ini sudah disematkan, yakni “The Bench”, bisa banget ya nickname-nya.

Saingan juga tuh sama toko buku legendaris di film tersebut yang beralamat di 142 Portobello Road, ga ketinggalan juga apartemennya si William dengan pintu warna birunya yang rutin muncul di pertunjukkan ini. Sampai-sampai, pemilik asli apartement tersebut bela-belain nge-cat ulang warna pintunya. Karena setiap harinya, bejubel banget groupies-groupies film Notting Hill yang datang.

Nasib yang sama juga dialami oleh “The Bench”, yang harus rela dipindahkan ke belahan bumi lain, Pertama karena terlalu ekstrim daya tariknya, alasan lain adalah karena ada anonim yang membeli bangku taman tersebut dan menghadiahkannya kepada kekasihnya. Gokil! Sampe segitunya!

Nah Original SoundtrackΒ juga gak kalah keren loh, boleh saya deklarasikan kalau single ini masih yang paling hitz dari semua single Ronan Keating, Setuju?

Ya kurang lebih, itulah kekuatan memento dari sebuah film. Contoh di dunia nyata tidak kalah banyak juga, pasti banyak tempat-tempat yang menggangu ingatan kita, mentransport kesadaran kita ke masa lalu yang indah atau bahkan yang nyelekit. Bisa juga berupa barang pemberian seseorang yang dalam sekejap langsung menarikmu ke alam memori tentang barang tersebut. Dari mantan atau kisah tak berujung sih biasanya. Pada umumnya. Kebanyakan sih gitu. 😳

Sharing dong memento apa yang berbekas dalam hidup kamu? Mau itu dari film, barang ataupun tempat kenangan.

Cheers!

Dirgan Fasa Author
Dirgan founded Casa Fasa as a place to share inspiration from his travels and to inspire others to see our world. He now split his time between adventures abroad and adventures in the 9-5 workspace!
follow me
Please follow, share and like us:
RSS
Whatsapp
Follow by Email
GOOGLE
GOOGLE
YouTube
YouTube
Pinterest
Pinterest
Instagram

One thought on “Memento: Demi Menolak Lupa

Leave a Reply

close

Enjoy this blog? Viralkan :)