Hotel Ciputra World Surabaya – [REVIEW]

Reading Time: 6 minutes
Please follow, share and like us:
RSS
Whatsapp
Follow by Email
GOOGLE
GOOGLE
YouTube
YouTube
Pinterest
Pinterest
Instagram

Hotel Ciputra World Surabaya

Melihat jadwal kunjungan bisnisku kali ini, titik kumpul dengan sebagian besar customer-customer-ku berada di sekitaran jalan HR Muhammad. Setelah menimbang berbagain alternatif akomodasi, Okay, Let’s go ahead with Hotel Ciputra World Surabaya! Sebenarnya ini adalah kali kedua saya bermalam disini. It never changed, always mesmerized me with slices of luxury in every corners. It is a truly five stars hotel yang dikelola oleh Swiss-Belhotel International.

Yang menjadi pertimbangan utama saya dalam memilih sebuah hotel kala perjalanan bisnis adalah letak strategis dan kemudahan yang disediakan oleh hotel tersebut. Saya mau semua serba gampang, dari segi kemudahan mencari tempat makan malam bersama klien, belanja, dan kopi-kopi. Hotel Ciputra World Surabaya memiliki keunggulan mutlak di sisi ini, selain terletak di kawasan bisnis kota Surabaya, dia pun terhubung langsung dengan Mal Ciputra World.

Ini menjadi poin penting bagi business traveler, maklum lah ya,  biasanya setelah lelah meeting seharian, kami mau semua kegiatan selanjutnya serba dalam jangkauan. Kemudahan ini yang boleh dijadikan pertimbangan para traveler jika ingin memilih tempat bermalam.

Ciputra World Mal yang terkoneksi langsung dengan Hotel

Lobby & Reception

Agak tidak umum memang, sebuah lobby hotel tidak terletak di lantai terbawah. Tapi konsep ini seperti sedang nge-tren belakangan ini, hotel-hotel lain yang baru lahir, beberapa dari mereka juga menerapkan konsep yang sama. Untuk Hotel Ciputra World Surabaya, area lobby bisa ditemui di lantai 8, tapi nggak usah khawatir, para porter yang siap sedia sudah berdiri menunggu koper bawaan para tamu untuk diantar ke lobby. Lebih enak sebenarnya, saat proses check-in, tamu tinggal membawa tas tangan beserta dokumen yang diperlukan saat check-in.

Pintu lift terbuka, lantai delapan nih. Cepet juga ya.

Namun langkahku terhenti sejenak. Dari kejauhan, saat ku menyusuri lorong pendek yang mengarah ke lobby, terlihat sepasang art sculpture sepasang balerina lelaki dan perempuan, dikreasikan dengan gaya seni yang terasa familiar bagiku. Sepertinya ku pernah melihat hasil karya pahatan sejenis yang bernafaskan campur tangan pemahat yang sama.

Oh ya!! Dua tahun lalu tepatnya, di sebuah hotel yang terletak di kawasan Pulau Sentosa di Singapura. Yep, i know it. Ini karyanya Richard Winkler, seorang pengrajin seni kelahiran Swedia pada tahun 1969. Darah seni beliau diwariskan dari sang kakek dan berhasil membawanya ke berbagai pagelaran seni di seluruh dunia.  Gaya seni beliau memang khas, selalu menekankan pada guratan-guratan obesitas di obyek seninya.

Seperti yang sudah menjadi rahasia umum bahwa Pak Ciputra, pemilik Ciputra Group, merupakan seorang fanatik seni sejati. Jadi kalau memang kita perhatikan, selalu ada sentuhan seni di beberapa bagian dari properti akomodasi milik Ciputra Group, termasuk di Hotel Ciputra World Surabaya ini.

Itulah kenapa terkadang kalau beristirahat di hotel-hotel Ciputra Group, nggak hanya sekedar ranjang yang nyaman, kolam renang dengan pemandangan luar biasa, dan makanan yang pas di lidah. Tapi lebih dari itu semua, aku bisa belajar lebih tentang arts exposure.

Sculpture Unik yang menjadi ikon Hotel Ciputra World Surabaya

Sculpture Unik yang menjadi ikon Hotel Ciputra World Surabaya

Padahal ku masih di lobby loh, tapi  berasa banget bagaikan masuk ke dalam pertunjukkan seni. Meja resepsionis yang terletak berhadapan langsung dengan sculpture balerinas tersebut pun tidak mau terlihat kalah saing. Dengan desain gemerlap lampu-lampu berwarna putih opak yang menempel mesra di dinding, menjadi latar belakang sekaligus penghias meja panjang resepsionis.

I believe, they wanted to show the guests that in the end, the focal point in the lobby is always be the reception desk

Untuk kedua kalinya saya terperangah, “it well designed”, komen yang sama pernah saya ucapkan dalam hati sebelumnya saat berada disini di kali pertama. Bongkahan persegi panjang meja reception tersebut dilapisi beludru beralaskan busa yang elegan dengan warna coklat tua.

Reception Area - Hotel Ciputra World Surabaya

Reception Area – Hotel Ciputra World Surabaya

Dan di ujung dari meja resepsionis, ada loh yang minta diadopsi. Sudahkah kamu berbuat baik hari ini? Adopsilah mereka dengan bergabung bersama Swiss-Bel Executive Member.. :mrgreen:

Ciputra World Surabaya memiliki 4 pilihan kamar, yaitu Deluxe Room, Superior Deluxe Room, Grand Deluxe Room, dan Suite Room. Dan ternyata saudara-saudara, lagi-lagi saya diupgrade dua level ke atas, kelihatannya pelet ilmu putih saya berhasil keluar lagi. Apakah memang saya memiliki muka dengan hoki dewa? Saya nggak tau juga. Amin lah kalau emang bener begitu ya. Kepake juga berarti di kerjaan saya dalam perkara sales-menyales.

Anyway, saya bukan tamu VIP ataupun tamu yang diundang khusus untuk mengulas hotel tersebut. Saya hanyalah seorang jelata yang mencoba peruntungan untuk bermalam di hotel ini. Lumayan juga loh naik dua tingkat room, dari Deluxe Room lalu lompatin Superior Deluxe, langsung naik ke Grand Deluxe yang merupakan kamar kelas Deluxe tertinggi, that came with the Bathtub 😆

Lobby Lounge

Oh iya, sebelum ketinggalan, di area yang sama, juga ada Lobby Lounge juga. Sebuah ruangan yang lumayan besar dan dalam, cocok untuk mengatur janji dengan klien, tea time atau hanya sekedar kongkow.

Koleksi minumannya bikin salut sih, dari alkohol ke non-alkohol, semua tertata rapih dan cara mereka mendesain sistem pencahayaannya itu loh. It gives me a grande feeling and bling-bling in my eyes. Mereka mengekspos sekali koleksi minuman mereka yang bener-bener impresif!

Dari teh, kopi, mocktails, cocktails, liquor, dan wine by the glass ditambah dengan menu makanan ringan yang bervariasi.

Rooms

Meeting saya sudah selesai pukul 3 sore, tumben banget. Biasanya saya keluar pagi sekitar pukul tujuh dan pulang setelah matahari jatuh. Hari ini agak cepat dari biasanya, membuatku bisa meng-eksplor lebih dari Hotel ini. Kebetulan saya dihadiahkan kamar dengan nomor cantik : 1717 (NB: Bukan tanggal demo di depan istana ya, ini nomor kamar).

Kamar Grand Deluxe dengan luas 36 meter persegi, datang bersama satu king bed, satu meja kerja, satu kursi panjang untuk membaca atau sekedar santai, dilengkapi dengan city view.

Kata sambutan dari Ibu GM, Mrs Christiane Wasfy

Karya Wrinkler kembali terlihat, sebuah lukisan balerina yang imut dan chubby, membentang sepanjang sandaran kepala di tempat tidur. Kita tidak perlu berbagi untuk mengagumi hasil karya beliau, ada kok di depan mata. Televisi berukuran 47 inci, in-room bar, speaker bluetooth membuat arti luxury lebih terasa.

Grand Deluxe Room

Bathrooms

Di area kamar mandi ini, favorit saya adalah bathtub-nya yang menghadap langsung ke pemandangan kota Surabaya, dan jika diterawang lebih jauh lagi, pemandangan wilayah Jawa Timur pun bisa terlihat. Bagian kamar mandi yang dibelah oleh dinding dan pintu tempered glass transparan,  menghasilkan ruang yang dipenuhi oleh cahaya.

Berendam sambil merasakan hiruk pikuk kota terbesar kedua di Indonesia, rasanya seperti sesuatu banget. Kilau cahaya lampu mobil-mobil membentuk garis panjang berwarna merah dan biru, hari kian malam, perut mulai keroncongan. So it’s time for dinner.

Saya sebenarnya malas keluar, mau dinner di kamar aja, tapi apa daya tangan tak sampai. Ternyata.. tidak ada menu in-room dining. Whatttt!?!?

Untung hotel ini memiliki lokasi yang bersebelahan dengan mal Ciputra World, makan malam tidak menjadi perkara besar.



Sehari setelah berlalu, saya selalu suka melihat dua sisi sebuah kamar. Saat Day Time maupun Night Time, karena masing-masing bisa memberikan magis cahaya yang tidak pernah sama. Suara perut keroncongan kedengeran berkali-kali saat saya sedang sesi foto, tapi apa daya, sinar matahari jam segini lagi bagus-bagusnya.

Mohon sabar ya perut yang lapar 😆

View di samping kamar

My own Sanctuary – Bener-bener wonderful banget

View dari kamar mandi

 

 

a Bathtub, panoramic view of Surabaya and a glass of Chardonnay could be perfect!

The Restaurants

The Gallery adalah nama restoran di hotel ini yang terletak di lantai tujuh. Ya, namanya memang unik untuk sebuah restoran, apakah mereka ingin mempertunjukkan variasi dan kelezatan makanan mereka sebagai galeri untuk tamu yang datang, atau untuk memberikan kesan bahwa ini bukan hanya sekedar restoran.

Tetapi restoran di dalam sebuah galeri seni. Bukan rahasia lagi, jika Pak Ciputra, pemilik Ciputra Group adalah pengagum karya-karya sang maestro Hendra Gunawan.

Atraksi utama di The Gallery adalah food centre berbentuk oval yang berada di tengah restoran yang menyajikan koleksi makanan citarasa Indonesia dan Western. Eitts, nggak cuma itu aja, lihat ke atasnya lagi, ada karya-karya medley-nya Hendra Gunawan ramai dengan warna dan dipasang melingkari bagian atas food-centre tersebut. Secara visual dan appetite, semua terpuaskan.

 

Dan yang lebih mantep lagi, adalah pemandangan menarik dari lantai 7 yang disajikan secara cuma-cuma. Ngopi pagi sambil baca buku dengan sinar alami matahari pagi yang terefleksi dari jendela transparan. Hmm.. What a morning!

The Facilities: Massage

Tempat perhentian terakhir saya di hotel ini adalag di lantai 22, bagaikan paket lengkap, semuanya ada di sini. Dari Massage room untuk relaksasi dengan ramuan tradisional Indonesia, Fitness Centre untuk menjaga agar kondisi tetap fit dan kolam renang tentunya.

MASSAGE ROOM 1

The Facilities: Fitness Centre

Alat-alat fitness disini cukup banyak dan beragam jenisnya. Dari dumble, treadmill sampai row machine semua siap dipakai. Dan tidak lupa tentunya ditambah pemandangan kota Surabaya yang menakjubkan.

Dia siap membantu Anda kapan saja perihal Gym, Spa dan Pool

The Facilities: Infinity Pool & Jacuzzi

Saya menyimpan yang termanis dari Hotel Ciputra World Surabaya di bagian akhir dari review saya. Tidak banyak memang kolam renang sebuah hotel yang membuatku terhenyak dan menahan napas saat melihat kolam-kolam tersebut. Nah kolam renangnya Hotel Ciputra World Surabaya ini sukses membuatku terkagum-kagum untuk beberapa saat. Mengusung konsep infinity pool, Hotel Ciputra World Surabaya merupakan pelopor pertama konsep tersebut di kota Surabaya ini.

Infinity Pool ala Hotel Ciputra World Surabaya

Infinity Pool ala Hotel Ciputra World Surabaya

 

Conclusion

Hotel Ciputra World Surabaya akan menjadi teman setia perjalanan kalian kalau mampir ke Surabaya. Sekedar staycation atau untuk perjalanan bisnis pun bisa menjadikan hotel ini sebagai pilihan terdepan di kota Surabaya. Integrasi langsung dengan mal ternama, Ciputra World Mal dan koneksi ke jalan tol Surabaya – Sorong dan Surabaya – Gempol memberikan kemudahan dalam menjangkau hotel ini.

Akan lebih baik jika pihak manajemen hotel mulai memperlakukan in-dining room guna memberikan one-stop service kepada pelancong-pelancong bisnis yang biasanya kembali ke hotel saat larut malam.

** Pada 25 Januari 2018, Pihak Hotel Ciputra telah menghubungi saya secara pribadi dan meberitahukan bahwa menu in-room dining mereka bisa diakses via TV kamar. Mereka punya motto paperless. Semoga ke depannya saya bisa mencicipi in-room dining mereka dan pihak front office bisa menginformasikan lebih lanjut tentang hal saat check-in.

Overall, i can say that: Hotel Ciputra World Surabaya presents the luxury in their roots, service and design.


Contact

Hotel Ciputra World Surabaya

Alamat : Jalan Mayjen Sungkono No. 89, Gunung Sari, Dukuh Pakis, Gn. Sari, Dukuh Pakis, Kota SBY, Jawa Timur 60224, Indonesia

No Telepon+62 31 51201000

Webwww.hotelciputraworld.com


 

Dirgan Fasa Author
Dirgan founded Casa Fasa as a place to share inspiration from his travels and to inspire others to see our world. He now split his time between adventures abroad and adventures in the 9-5 workspace!
follow me
Please follow, share and like us:
RSS
Whatsapp
Follow by Email
GOOGLE
GOOGLE
YouTube
YouTube
Pinterest
Pinterest
Instagram

6 thoughts on “Hotel Ciputra World Surabaya – [REVIEW]

  • Reply Ety Budiharjo January 23, 2018 at 9:13 pm

    Wew….beneran bakalan betah staycation di hotel Ciputra jadi pengen ngerasain yg di Jakarta deh. Bedewey ulasannya komplit banget…

    • Reply Dirgan Fasa January 25, 2018 at 3:10 pm

      iya bakalan betah n nggak mau check-out. Kolam renangnya dewaaa banget, Ety.
      Dijamin doyan lama-lama di kolam renangnya..
      Makasih ya udh mau baca reviewku 🙂

  • Reply Matius Teguh Nugroho January 24, 2018 at 12:34 pm

    Ciyeee, eksmud Singapura mampir ke Suroboyo wkwkwk.

    Menarik. Luxurious artsy tapi nggak terlalu banyak aksesoris, jadi tetap nyaman. Nggak terlalu kaku juga, jadi tetap hangat. Pendek kata, desainnya pas!

    • Reply Dirgan Fasa January 25, 2018 at 3:08 pm

      Iya Kak Matius, semua ga berlebihan, jadinya simple luxury.
      Dan harganya enak di kantong 🙂

  • Reply Swastikagie January 24, 2018 at 11:11 pm

    Ngeces Baca review nya wkwkwkwk, jd tau selera pak ciputra. Biasanya liat karya seni ya sekedar liat aja ga bisa bedain karya siapa, klo nginep di hotel ciputra Jkt sll merasa at home dan sll senang menikmayi karya Pak Ciputra *panjangbener.

    • Reply Dirgan Fasa January 25, 2018 at 3:07 pm

      Hahaha iya Nggi 🙂
      Beliau punya selera seni yang tinggi banget. Enak yah Hotel Ciputra Jakarta?
      Udah lama banget ku ga stay disana 🙂

Leave a Reply

close

Enjoy this blog? Viralkan :)