Yarra Valley, Australia: 3 Hal Unik yang bisa kamu lakukan di sini

Reading Time: 4 minutes
Please follow, share and like us:
RSS
Whatsapp
Follow by Email
GOOGLE
GOOGLE
YouTube
YouTube
Pinterest
Pinterest
Instagram

YARRA VALLEY – The definition of a romantic escape

Setelah membahas tentang Great Ocean Road Trip di dua postingan sebelumnya disini dan ini. Aku mau berbagi cerita perjalananku ke Yarra Valley dan hal-hal unik apa aja sih yang kalian bisa cobain.

Yarra Valley selalu berada dalam radar destinasi utamaku jika mampir ke Melbourne. Berbagai nama vineyard dan chateu-chateu di region kebun anggur terbesar di negara bagian Victoria tersebut menghiasi folder khusus di laptop-ku.

Ya namanya bermimpi dan berencana boleh ya? XD

Tepat di hari Valentine kemarin, mimpi itu terwujud. Aku dan Ibu negara melakukan toast atas pencapaian kami dalam segala aspek kehidupan yang kami bangun bersama. Lebih indahnya lagi, toast tersebut kami lakukan di Yarra Glen, sebuah kota kecil yang ikonik di kawasan Yarra Valley.

Yarra Valley

Yarra Valley

Sebelum melangkah lebih jauh, aku mau memperkenalkan lebih dekat tentang Yarra Valley.

Kalau kamu tahu Yarra River, sebuah sungai panjang yang membelah kota Melbourne dan menjadi simbol kota tersebut, nah Nama Yarra Valley nggak jauh-jauh kok dari Yarra River.

Nama Yarra Valley diberikan kepada wilayah utara yang mengelilingi aliran sungai Yarra di negara bagian Victoria, Australia. Saking panjangnya Yarra River, sungai tersebut mengalir melalui titik timur Central Business District kota Melbourne hingga bermuara di Port Philip Bay.

Sebagai lokasi yang popular karena day-trip dari Melbourne dan juga merupakan destinasi pilihan turis, Yarra Valley memberikan jangkaun kecantikan alam yang memukau dan juga hasil bumi dari budi daya pangannya.

Yang paling terkenal jelas perkebunan anggurnya. Dengan iklim yang relative sejuk, jenis anggur yang cocok untuk diproduksi adalah Chardonnay, Pinot Noir dan Sparkling Wine.

Kota-kota utama di Yarra Valley mencakup Coldstream, Healesville, Warburton dan Yarra Glen (ini yang akan kita telusuri di blog post kali ini).

HOW TO GET THERE:

Karena kurang dari satu jam perjalananan jika bertolak dari Melbourne, maka sebagian besar pengunjung akan mengambil paket tur pulang hari. Namun sesungguhnya, sedikitnya, coba habiskan semalam deh, benar-benar worth it!

Aku sih sewa mobil dan self-drive kesana. Namun untuk kamu yang maunya langsung beres dan nggak ribet, bisa cari-cari info paket tour lokal. Hampir semuanya menawarkan day-trip ke Yarra Valley lengkap dengan wine tasting di perkebunan anggur yang berafiliasi dengan perusahaan tur tersebut.

Seperti judul post ini, ada tiga hal unik yang bisa kamu lakukan di Yarra Valley:

1. Kunjungan wajib ke Yarra Valley Chocolaterie & Ice Creamery

Sebuah tempat yang sangat ikonik, baik dari segi arsitektur maupun daya tariknya.

yarra-valley-chocolaterie-ice-creamery-yarra-valley

Yarra Valley Chocolaterie & Ice Creamery

Yarra Valey Chocolaterie Entrace

Yarra Valey Chocolaterie Entrace

Yarra Valley Chocolaterie & Ice Creamery ini dibagi menjadi 4 area utama, yaitu Showroom produk yang sangat sangat luas dan memiliki ragam jenis coklat hingga 250 varian.

Yang paling kusuka adalah “FREE TASTING” – nya!

Yarra Valley

Yarra Valley

Just One Spoonful Please!

Yarra Valley

Valentine’s Day Choco Heaven!

Yarra Valley Chocolaterie

Yarra Valley

Which one do you want?

Susah banget untuk stop nyobain coklat-coklat enak disini. Buat yang lagi diet, godaan disini teramat berat!

Lebih baik puasa diet sehari, nikmati aja free chocolate tasting disini. Hehehe

Area kedua adalah lokasi pembuatan coklat. Dipisahkan dengan kaca tebal transparan, kita bisa menikmati pembuatan coklat dari awal hingga menjadi produk jadi. Dan kami cukup beruntung loh, kebagian tester produk jadi yang langsung fresh from the oven Yarra Valley Chocolaterie & Ice Creamery.

Yummy!

All Day Café menjadi area ketiga di Yarra Valley Chocolaterie & Ice Creamery. Kalau kamu sudah cukup lelah berkeliling di Great Wall of Chocolate, saatnya untuk duduk santai mengisi tenaga.

Yarra Valley

All Day Cafe

Sajian kopi lokal, coklat hangat hingga finger foods membuat mata kami makin kalap. Hingga akhirnya kami memutuskan untuk memesan segelas coklat hangat untuk berdua.

Cobain deh berjalan ke pintu luar ke arah teras, pemandangannya damai banget! Hamparan warna hijau dibalut dengan kuningnya daun yang berganti rona menjadi andalan All Day Café ini.

Yarra Valley

Enjoying the View

Yarra Valley - Chocolate & Ice Creamery

Dengan total luas tanah 16 hektar, bangunan utama Yarra Valley Chocolaterie & Ice Creamery terlihat kecil karena dikelilingi oleh natural green areas dan sebuah peternakan kecil, sekaligus merupakan area keempat dari tempat menarik ini.

Yarra Valley - Chocolate & Ice Creamery

Lurus dikit nyampe deh di peternakan kecilnya mereka

Minimal perlu waktu 2 jam deh kalau mau benar-benar menjelajahi Yarra Valley Chocolaterie & Ice Creamery ini.

Bagi yang tertarik, silahkan mampir ke sini :

Yarra Valley Chocolaterie & Ice Creamery

Address: 35 Old Healesville Rd, Yarra Glen VIC 3775, Australia

Buka setiap hari dari jam 9 pagi – 5 sore (Kecuali Hari Natal, mereka libur)

2. Walkaround in Vineyard

Untuk menghabiskan Hari Valentine, aku sudah jauh-jauh hari mengatur perjalanan ini dengan bermalam di sebuah perkebunan anggur, Balgownie Estate Vineyard Resort & Spa. Cek pengalaman kami di sini.

Balgownie Estate

Balgownie Estate

Pengalaman tinggal di Award Winning Resort 2018, Balgownie Estate Vineyard Resort & Spa akan kubahas di postingan terpisah. Nanti ku share yaaa

Enaknya tinggal di Yarra Valley, khususnya di Balgownie Estate Vineyard Resort & Spa, adalah akses langsung ke perkebunan anggur pribadi milik property tersebut.

Tidak jauh dari komplek residensial yang terletak di bagian depan property ini, terdapat sebuah perkebunan anggur yang super besar!

Vineyard of Yarra Valley

Vineyard of Yarra Valley

Yarra Valley

Cheers!

Yarra Valley Yarra Valley

Yarra Valley

Beautiful Colour of Yarra Glen during the Golden Hour

Ibu negara terlihat riang sekali bisa melihat perkebunan anggur dari dekat dan langsung berlari tak terkontrol. Berkali-kali memanggilku untuk minta difoto, sesuatu yang sangat jarang loh. Nggak biasanya Ibu Negara minta difoto, dia itu orangnya teramat pemalu.

Yeah, Yarra Valley terkadang bisa memuat kita lupa diri karena daya hipnotisnya yang tinggi.

Seperti biasa, tempat special harus dihabiskan dengan cara yang special. Kala matahari terbenam, corak magis perkebunan anggur berlatar belakang Yarra Valley benar-benar membuatku tak bisa berkata-kata.

3. Visiting Lavender Farm

“Wah keren banget nih, mirip-mirip kayak yang di Provence!” ujarku ke Ibu Negara. “Ayo mampir kesini! Dari brosurnya kelihatan cakep!” tambahku.

Entah kenapa insting Ibu Negara selalu benar, dia cuma berpesan untuk jangan terlalu berharap.

Yep, kalau kata orang, omongan istri 90% benar, ada benarnya juga. Ladang bunga lavender yang mencolok dengan warna ungu dari ujung ke ujung hanyalah angan-angan.

Melewati pintu masuk dengan pagar besar yang terbuka, di sampingnya terlihat sebuah plang kecil bertuliskan “ OPEN “. Melaju pelan di atas permukaan tanah yang tidak rata dan berkerikil, akhirnya kami melihat gradasi warna ungu tua dari kejauhan.

Warratiina Lavender Farm

Sesampainya di Warratina’s Lavender Farm, ternyata hanya sejengkal luas lahan yang ditanami bunga lavender. Berbekal hanya satu-satunya pertanian bunga lavender di Yarra Valley, Warratina’s Lavender Farm sukses memasarkannya kepada kami.

Warrattina Lavender Farm Warrattina Lavender Farm Warrattina Lavender Farm

Nggak rugi-rugi amat sih mengunjungi tempat ini, secara tiker masuknya gratis. Dan pengunjung pun bisa bebas berkeliling dan berselfie riang tanpa adanya larangan atau teguran dari pekerja setempat.

Wajib loh masuk ke dalam toko Warratina’s Lavender Farm-nya. Mereka menjual souvenir yang serba lavender dengan harga yang “lumayan”. Sudah numpang foto-foto dan keliling-keliling nggak enak kan kalo nggak beli apa-apa. Hehehe.

Akhirnya aku putuskan untuk menukar sedikit dollar Australia ku dengan pewangi baju yang dikemas dalam gumpalan bunga Lavender.

Bagi yang suka ngopi-ngopi, di toko ini juga ada kafe. Ceritanya adalah ngopi santai sambil menikmati pemandangan kebun Lavender.

Cobain aja mampir kesini:

Warratina Lavender Farm Information

Address: 105 Quayle Road, Wandin North, VIC

Operating Hours:
February - September: Wednesday to Monday: 9am to 4pm.
October - January: Wednesday to Monday: 9am to 5pm.
The Farm is CLOSED Tuesday

Phone:(03) 5964 4650

Nah gimana guys? Kira-kira dari ketiga aktivitas unik tersebut, mana yang kalian lebih suka?

Atau kalian ada ide atau pilihan aktivitas lain yang seru? Share ya di kolom komen 🙂

Cheers!

Dirgan Fasa Author
Dirgan founded Casa Fasa as a place to share inspiration from his travels and to inspire others to see our world. He now split his time between adventures abroad and adventures in the 9-5 workspace!
follow me
Please follow, share and like us:
RSS
Whatsapp
Follow by Email
GOOGLE
GOOGLE
YouTube
YouTube
Pinterest
Pinterest
Instagram

One thought on “Yarra Valley, Australia: 3 Hal Unik yang bisa kamu lakukan di sini

Leave a Reply

close

Enjoy this blog? Viralkan :)